Jumat, 09 Februari 2018

Vandalisme

Halo teman-teman semua dipostingan pertamaku kali ini aku akan posting contoh naskah pidato bahasa indonesia dengan tema vandalisme. Langsung aja yuk kawan kita lihat naskah pidatonya😊

Assalamualaikum Wr Wb

Yang saya hormati Bpk. Sulistyo selaku guru Bahasa Indonesia di kelas ini serta teman-teman yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur atas limpahan rahmat, hidayah,serta inayah-Nya kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat tak kurang suatu apapun. Perkenankan saya disini menyampaikan sedikit pidato dengan tema Vandalisme.

Fenomena vandalisme kini sudah banyak terjadi di sekitar kita. Tak hanya itu kebanyakan pelaku vandalisme merupakan remaja. Banyak remaja di jaman sekarang melakukan vandalisme tidak mengenal tempat maupun waktu. Tak jarang pula banyak remaja melakukan hal tersebut dikarenakan sebagai bentuk pelampiasan sosial maupun ingin terlihat hebat di depan orang lain.

Vandalisme sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perbuatan merusak dan menghancurkan karya seni maupun barang berharga atau dapat juga diartikan perusakan dan penghancuran secara kasar dan ganas.

Dampak buruk yang disebabkan oleh aksi vandalisme :
🔹Perusakan lingkungan : adanya aksi vandalisme banyak menyebabkan lingkungan yang seharusnya bersih, indah, sehat, dan terawat menjadi rusak, kotor, dan juga terbengkalai.
🔹Melanggar tata tertib : pelaku vandalisme pasti melanggar tata tertib yang ada sehingga aksi vandalisme pun terjadi.
🔹Mengganggu kenyamanan : misalkan , perusakan fasilitas umum sehingga orang lain yang menggunakannya menjadi tidak nyaman.

Faktor yang mempengaruhi vandalisme
antara lain :
▶ Teman sebaya : remaja lebih mudah meniru dan terpengaruh oleh teman sebayanya, biasanya vandalisme dilakukan oleh remaja yang tidak memiliki tujuan dan merasa bosan dalam hidupnya sehingga melampiaskan dengan merusak/menghancurkan barang berharga maupun karya seni disekitarnya.
▶ Pencarian Jati diri : remaja biasanya mengalami masa pencarian jati diri dengan mengubah penampilan, pola hidup, serta pola pikir. Tak jarang banyak yang mencari jati diri mereka dengan cara yang salah (negatif) seperti melakukan hal-hal yang menyimpang yang terpenting terlihat gagah ataupun jago di depan warga.
▶ Keluarga : biasanya pelaku vandalisme merupakan remaja yang berasal dari keluarga yang kurang harmonis ataupun ada juga keluarga yang sudah berpisah  (broken home) sehingga kasih sayang, kenyamanan dan perhatian yang seharusnya dia dapatkan di keluarga tidak ia dapatkan sehingga mencari pelampiasan diluar keluarga.
▶ Media Masa : Terpengaruh oleh adegan-adegan dari film ataupun sinetron yang mengarah kepada aksi vandalisme sehingga anak terdorong untuk ingin melakukan aksi tersebut secara nyata ataupun mempraktekkannya, ditambah lagi kurangnya perhatian serta bimbingan dari orang tua.
▶ Lingkungan Pergaulan : Ligkungan pergaulan yang negatif cenderung membuatnya mengikuti hal yang ia dapatkan di sekitarnya.

Tindakan preventif  (pencegahan) vandalisme :
✔Diberikan pengertian bahwa aksi vandalisme merupakan salah satu penyimpangan sosial.
✔Diberi sosialisasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh aksi vandalisme.
✔Diberikan wadah ataupun sarana dan prasarana untuk menyalurkan bakat yang mereka miliki.

Tindakan represif (pasca kejadian) vandalisme
⏩ Diberikan hukuman yang membuat jera pelaku (bukan dengan fisik).

Demikian sedikit pidato yang dapat saya sampaikan ada kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Atas perhatian pak guru serta teman-teman saya ucapkan terima kasih.

Wasalamu'alaikum Wr Wb

Sekian sedikit contoh pidato yang bisa saya buat kalo ada salah mohon maaf makasih teman-teman semua sudah berkunjung semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua 😘


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi bertema sekolah

Halo sobat semua! Aku kembali lagi nih 😆 kali ini aku kembali posting puisi lagi nih😀 nah kali ini aku posting puisi dengan tema sekolah c...